Rabu, 14 November 2012

tugas individu no 1

tugas individu no 1 
Makalah pengantar bisnis
shintya permatasari (26212989)
1EB12  

Pengantar Bisnis
Bisnis
Disusun Oleh:
Nama : Shintya Permatasari
NPM : 26212989
Kelas : 1EB12

UNIVERSITAS GUNADARMA 
2012/2013

 

Daftar Isi

  KATAPENGANTAR ............................................................................................................................
  DAFTAR ISI .........................................................................................................................................
  BAB I PENDAHULUAN ......................................................................................................................
        1.1 Latar Belakang Masalah .............................................................................................................
        1.2 Rumusan Masalah ......................................................................................................................
        1.3 Tujuan Penulisan ........................................................................................................................
        1.4 Manfaat Penulisan ......................................................................................................................
        1.5 Metode Penulisan ......................................................................................................................
        1.6 SistematikaPenulisan ..................................................................................................................
BAB II ISI ..............................................................................................................................................
        2.1 Pengertian Bisnis .......................................................................................................................
        2.2 Tujuan Bisnis .............................................................................................................................
        2.3 Bentuk dan Dasar Kepemilikan Bisnis ........................................................................................
        2.4 Klasifikasi Bisnis ............................................................................................................... ........
        2.5 Aspek dan Karakteristik Bisnis ..................................................................................................
        2.6 Elemen dan Intelijen Bisnis .........................................................................................................
        2.7 Etika dan Komunikasi Bisnis ............................................................................................. ........
BAB III PENUTUP ................................................................................................................................
        3.1 Kesimpulan ...............................................................................................................................
       3.2 Saran .................................................................................................................................. ......
 Daftar Pustaka........................................................................................................................................



Kata Pengantar


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
        Alhamdulillahirabbilalamin, banyak nikmat yang Allah berikan, tetapi sedikit sekali yang kita ingat. Segala puji hanya layak untuk Allah Tuhan seru sekalian alam atas segala berkat, rahmat, taufik, serta hidayah-Nya yang tiada terkira besarnya, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah dengan judul ”Bisnis”.
        Dalam penyusunannya, penulis memperoleh banyak bantuan dari berbagai pihak, karena itu penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada: Kedua orang tua yang telah memberikan dukungan, kasih, dan kepercayaan yang begitu besar. Dari sanalah semua kesuksesan ini berawal, semoga semua ini bisa memberikan sedikit kebahagiaan dan menuntun pada langkah yang lebih baik lagi. Meskipun penulis berharap isi dari makalah ini bebas dari kekurangan dan kesalahan, namun selalu ada yang kurang. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar skripsi ini dapat lebih baik lagi. Akhir kata penulis berharap agar makalah ini bermanfaat bagi semua pembaca.

Depok, 10 November 2012

Shintya Permatasari 



BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Bisnis merupakan aktivitas yang selalu ada di sekitar kita dan dapat dilakukan oleh siapa saja baik kaula muda sampe yang sudah tua. Pada era globalisasi saat ini, bisnis tidak hanya mencakup dalam daerah ataupun negara melainkan sudah merambah dunia internasional. Pada saat ini banyak sekali masyarakat umum seperti mahasiswa belum mengetahui arti sebenarnya tentang bisnis. Seperti diketahui di era globalisasi seperti ini persaingan sangatlah ketat. Salah satu cara bersaing yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan bisnis. Masyarakat umum khususnya mahasiswa harus mengetahui terlebih dahulu dasar-dasar dari bisnis itu sendiri agar dapa mencapai tujuan yang diinginkan.
Indonesia termasuk kedalam salah satu negara yang pertumbuhan ekonominya cukup baik dibandingkan dengan negara lain,namun pada kenyataannya banyak sekali pengangguran yang tidak memiliki pekerjaan di Indonesia,ditambah banyaknya masyarakat yang bekerja tidak menetap atau serabutan. Namun pemerintah belum mampu mengatasi masalah ini. Jika ada lowongan pekerjaan, maka banyak sekali masyarakat berbondong-bondong melamar pekerjaan tersebut dengan harapan diterima tidak terlalu besar. Pekerjaan tidak hanya harus dicari melainkan diciptakan dengan melihat peluang bisnis yang ada disekita kita. Maka dari itu,penulis ingin membahas sebuah makalah tentang “Dasar-dasar Bisnis”

1.2 Rumusan Masalah
      Adapun rumusan masalah dalam makalah ini:
  1. Apa yang dimaksud dengan bisnis?
  2. Apa tujuan bisnis?
  3. Apa bentuk dan dasar kepemilikan bisnis?
  4. Apa klasifikasi bisnis?
  5. Jenis-jenis aktivitas bisnis apa yang dilakukan dalam menghasilkan keuntungan ?
  6. Apa aspek dan karakteristik bisnis?
  7. Apa elemen dan intelijen bisnis?
    8. apa etika dan komunikasi bisnis


1.3 Tujuan Penulisan 
      Adapun tujuan yang ingin dicapai ialah:
          1. untuk memberikan definisi tentang bisnis.
          2. untuk memberikan informasi tujuan bisnis.
          3. untuk memberikan informasi tentang bentuk dan dasar kepemilikan bisnis.
          4. untuk memberikan informasi tentang klasifikasi bisnis.
          5. untuk memberikan informasi tentang karakteristik bisnis.
          6. untuk memberikan informasi tentang elemen dan intelijen bisnis.
          7. untuk memberikan informasi tentang etika dan komunikasi bisnis.
          8. untuk memberikan informasi tentang jenis-jenis kegiatan bisnis yang dapat meghasilkan keuntungan

1.4 Manfaat Penulisan
       Adapun manfaat dari penulisan ini :
          1. Dapat mengetahui pengertian bisnis
          2. Dapat mengetahui karakteristik bisnis
          3. Dapat menambah wawasan tentang jenis-jenis bisnis yang dapat menghasilkan keuntungan  
          4. Dapat mengetahui elemen dan intelejen bisnis 
          5. Dapat Mengetahui etika dan komunikasi bisnis 
          6. Dapat mengetahui klasifikasi bisnis
          7. Dapat mengetahui bentuk dan dasar kepemilikan bisnis 
          8. Dapat Menetahui tujuan bisnis


1.5 Metode Penulisan    
        Dalam penulisan ini, digunakan metode studi pustaka yaitu metode penulisan karya ilmiah dengan mengumpulkan bahan-bahan, materi-materi, data-data, dan informasi-informasi yang diperoleh dari buku-buku, situs-situs internet atau jurnal yang tersedia. 

1.6 Sistematika Penulisan 
       KATA PENGANTAR
       DAFTAR ISI

          BAB I PENDAHULUAN
    1.1 Latar Belakang Masalah
    1.2 Rumusan Masalah
    1.3 Tujuan Penulisan
    1.4 Manfaat Penulisan
    1.5 Metode Penulisan
    1.6 Sistematika Penulisan

    BAB II ISI

    2.1 Pengertian Bisnis
    2.2 Tujuan Bisnis
    2.3 Bentuk dan Dasar Kepemilikan Bisnis
    2.4 Klasifikasi Bisnis
    2.5 Aspek dan Karakteristik Bisnis
    2.6 Elemen dan Intelijen Bisnis
    2.7 Etika dan Komunikasi Bisnis

    BAB III PENUTUP

    3.1 Kesimpulan
    3.2 Saran

    Daftar Pustaka

BAB II
ISI
2.1 Pengertian Bisnis 

Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.

Dalam ekonomi kapitalis, dimana kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan operator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital yang mereka berikan. Namun tidak semua bisnis mengejar keuntungan seperti ini, misalnya bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Model bisnis seperti ini kontras dengan sistem sosialistik, dimana bisnis besar kebanyakan dimiliki oleh pemerintah, masyarakat umum, atau serikat pekerja.

Secara etimologi, bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata "bisnis" sendiri memiliki tiga penggunaan, tergantung skupnya — penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha, yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Penggunaan yang lebih luas dapat merujuk pada sektor pasar tertentu, misalnya "bisnis pertelevisian." Penggunaan yang paling luas merujuk pada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa. Meskipun demikian, definisi "bisnis" yang tepat masih menjadi bahan perdebatan hingga saat ini.

Pengertian Bisnis menurut para ahli

Mahmud Mach Foedz
-Bisnis adalah perdagangan yg dilakukan oleh sekelompok orang yg terorganisasi untuk mendapatkan laba dengan memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Brown dan Petrello
-Bisnis adalah suatu lembaga yg menghasilkan barang dan jasa yg dibutuhkan masyarakat.apabila kebutuhan masyarakat meningkat, maka lembaga bisnispun akan meningkat pula perkembangannya untuk memenuhi kebutuhan tersebut, sambil memperoleh laba.

Steinford
-Bisnis adalah aktifitas yg menyediakan barang atau jasa yg diperlukan oleh konsumen yg memiliki badan usaha, maupun perorangan yg tidak memiliki badan hukum maupun badan usaha seperti, pedagang kaki lima yg tidak memiliki surat izin tempat usaha.

Hughes dan Kapoor
-Bisnis ialah suatu kegiatan usaha individu yg terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang jasa guna mendapatkan keuntungan.

Mussleman dan Jackson
-Bisnis adalah suatu aktifitas yg memenuhi kebutuhan dan keinginan ekonomis masyarakat dan perusahaan di organisasikan untuk terlibat dalam aktivitas tersebut.

Allan Affuah
-Bisnis merupakan sekumpulan aktiftas yg dilakukan untuk menciptakan dengan cara mengembangkan dan mentransformasi berbagai sunber daya menjadi barang/jasa yg diinginkan konsumen.

Glos, Steade dan Lawry
-Bisnis adalah jumlah seluruh kegiatan yg diorganisir oleh orang2 yg berkecimpung dalam bidang perniagaan dan industri yg menyediakan barang dan jasa untuk kebutuhan mempertahankan dan memperbaiki standard serta kualitas hidup mereka.

Huat, T Chwee
-Bisnis dalam arti yg luas adalah istilah umum menggambarkan semua aktifitas dan institusi yang menproduksi barang dan jasa dalam kehidupan sehaari – hari.

-Bisnis adalah sekumpulan uang kecil yg dikelolah sekumpulan orang banyak sehingga berubah menjadi barang nyata.

-Bisnis adalah serangkain usaha yg dilakukan satu orang atau lebih individual atau kelomppok dengan menawarkan barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan/laba.

2.2 Tujuan Bisnis 

Tujuan bisnis tidak lebih dan tidak lain adalah memperoleh keuntungan karena semua orang yang berbisnis mulanya berawal dari fikiran-fikiran dan keinginan mereka untuk memperoleh keuntungan sehingga muncul inisiatif untuk menjalankan bisnis dari keinginan mereka tersebut. Meskipun tujuan utama mereka adalah memperoleh keuntungan namun hal tersebut bukan berarti bahwa mereka tidak mempunyai tujuan lain selain tujuan tersebut, masih banyak tujuan-tujuan para pembisnis yang ingin mereka raih dan tujuan antara satu dan yang lainya bisa saja berbeda. Tujuan lain yang ingin dicapai oleh pelaku bisnis itu diantaranya :

1. Ingin mencukupi berbagai kebutuhannya
2. Untuk memakmurkan keluarga
3. Ingin namanya dikenal banyak orang
4. Karena ingin menjadi penerus usaha keluarga
5. Ingin mencoba hal baru
6. Ingin memanfaatkan waktu luang
7. ngin mempunyai usaha sendiri dan tidak bekerja pada orang lain.
8. Ingin mendapat simpati. Dsb.

Meskipun tujuan-tujuan seperti diatas telah mereka capai, namun mereka akan terus memiliki keinginan-keinginan lain dan keinginan itu bisa saja menjadi bagian dari tujuan bisnis mereka. Karena bagaimanapun juga keinginan dan kebutuhan tiap orang akan terus bertambah dan tidak menutup kemungkinan jika keinginan yang mereka miliki akan mereka jadikan tujuan bisnis yang mereka ciptakan. 

2.3 Bentuk dan Dasar Kepemilikan Bisnis

 Meskipun bentuk kepemilikan bisnis berbeda-beda pada setiap negara, ada beberapa bentuk yang dianggap umum: 
1. Perusahaan perseorangan: Perusahaan perseorangan adalah bisnis yang kepemilikannya dipegang oleh satu orang. Pemilik perusahaan perseorangan memiliki tanggung jawab tak terbatas atas harta perusahaan. Artinya, apabila bisnis mengalami kerugian, pemilik lah yang harus menanggung seluruh kerugian itu.

2. Persekutuan: Persekutuan adalah bentuk bisnis dimana dua orang atau lebih bekerja sama mengoperasikan perusahaan untuk mendapatkan profit. Sama seperti perusahaan perseorangan, setiap sekutu (anggota persekutuan) memiliki tanggung jawab tak terbatas atas harta perusahaan. Persekutuan dapat dikelompokkan menjadi persekutuan komanditer dan firma. 
3. Perseroan: Perseroan adalah bisnis yang kepemilikannya dipegang oleh beberapa orang dan diawasi oleh dewan direktur. Setiap pemilik memiliki tanggung jawab yang terbatas atas harta perusahaan. 
4. Koperasi: adalah bisnis yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan. Koperasi bertujuan untuk menyejahterakan anggotanya. Karateristik utama koperasi yang membedakan dengan badan usaha lain adalah anggota koperasi memiliki identitas ganda. Identitas ganda maksudnya anggota koperasi merupakan pemilik sekaligus pengguna jasa koperasi.
2.4 Klasifikasi Bisnis 
1. Bisnis terdiri dari berbagai macam tipe dan sebagai akibatnya, bisnis dapat dikelompokkan dengan cara yang berbeda-beda. Satu dari banyak cara yang dapat digunakan adalah dengan mengelompokkan bisnis berdasarkan aktivitas yang dilakukannya dalam menghasilkan keuntungan. 
2. Bisnis real estate adalah bisnis yang menghasilkan keuntungan dengan cara menjual, menyewakan, dan mengembangkan properti, rumah, dan bangunan. Bisnis transportasi adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dengan cara mengantarkan barang atau individu dari sebuah lokasi ke lokasi yang lain. 
3.Manufaktur adalah bisnis yang memproduksi produk yang berasal dari barang mentah atau komponen-komponen, kemudian dijual untuk mendapatkan keuntungan. Contoh manufaktur adalah perusahaan yang memproduksi barang fisik seperti mobil atau pipa. 
4.Bisnis jasa adalah bisnis yang menghasilkan barang intangible, dan mendapatkan keuntungan dengan cara meminta bayaran atas jasa yang mereka berikan. Contoh bisnis jasa adalah konsultan dan psikolog.

5. Pengecer dan distributor adalah pihak yang berperan sebagai perantara barang antara produsen dengan konsumen. Kebanyakan toko dan perusahaan yang berorientasi-konsumen adalah distributor atau pengecer. lihat pula: Waralaba 

6. Bisnis pertanian dan pertambangan adalah bisnis yang memproduksi barang-barang mentah, seperti tanaman atau mineral tambang. 

7. Bisnis finansial adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dari investasi dan pengelolaan modal. 


8. Bisnis informasi adalah bisnis menghasilkan keuntungan terutama dari pejualan-kembali properti intelektual (intelellectual property) 

9. Utilitas adalah bisnis yang mengoperasikan jasa untuk publik, seperti listrik dan air, dan biasanya didanai oleh pemerintah. 
2.5 Aspek dan Karakteristik Bisnis
      Aspek – Aspek Bisnis:
    1. Kegiatan individu dan kelompok
    2. Penciptaan nilai
    3. Penciptaan barang dan jasa
    4. Keuntungan melalui transaksi
    Karakteristik Sistem Bisnis
    1. Kompleksitas & keanekaragaman
    2. Saling ketergantungan
    3. Perubahan daninovasi
    2.6 Elamen dan Intelijen Bisnis

    Elemen bisnis:
      1. Modal (capital)
      2. Sejumlah uang yang digunakan dalam menjalankan kegiatan bisnis
      3. Bahan-bahan(materials)
      4. Merupakan factor produksi yang diperlukan dalam melaksanakan aktifitas bisnis untuk diolah menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat
      5.Sumber Daya Manusia(SDM)
      Kualifikasi SDM :
      1. Memiliki kemampuan kompetitif dan berkualitas tinggi
      2. Ketrampilan Manajemen (Management Skill)
      3. Sistem manajemen yang dijalankan berdasarkan prosedur dan tata kerja manajemen
      2.6 Inteleijen dan Etika Bisnis
      Intelijen bisnis 
                   Istilah intelijen bisnis (bahasa Inggris: business intelligence, BI) merujuk pada teknologi, aplikasi, serta praktik pengumpulan, integrasi, analisis, serta presentasi informasi bisnis atau kadang merujuk pula pada informasinya itu sendiri. Tujuan intelijen bisnis adalah untuk mendukung pengambilan keputusan bisnis. 
                   Sistem BI memberikan sudut pandang historis, saat ini, serta prediksi operasi bisnis, terutama dengan menggunakan data yang telah dikumpulkan ke dalam suatu gudang data dan kadang juga bersumber pada data operasional. Perangkat lunak mendukung penggunaan informasi ini dengan membantu ekstraksi, analisis, serta pelaporan informasi. Aplikasi BI menangani penjualan, produksi, keuangan, serta berbagai sumber data bisnis untuk keperluan tersebut, yang mencakup terutama manajemen kinerja bisnis. Informasi dapat pula diperoleh dari perusahaan-perusahaan sejenis untuk menghasilkan suatu tolok ukur.

        Etika bisnis
        1. Etika bisnis merupakan cara untuk melakukan kegiatan bisnis, yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan dan juga masyarakat. Etika Bisnis dalam suatu perusahaan dapat membentuk nilai, norma dan perilaku karyawan serta pimpinan dalam membangun hubungan yang adil dan sehat dengan pelanggan/mitra kerja, pemegang saham, masyarakat.
        2. Perusahaan meyakini prinsip bisnis yang baik adalah bisnis yang beretika, yakni bisnis dengan kinerja unggul dan berkesinambungan yang dijalankan dengan mentaati kaidah- kaidah etika sejalan dengan hukum dan peraturan yang berlaku.
        3. Etika Bisnis dapat menjadi standar dan pedoman bagi seluruh karyawan termasuk manajemen dan menjadikannya sebagai pedoman untuk melaksanakan pekerjaan sehari- hari dengan dilandasi moral yang luhur, jujur, transparan dan sikap yang profesional.
          2.7 komunikasi Bisnis
        Komunikasi bisnis
        Komunikasi bisnis adalah pertukaran gagasan, pendapat, informasi, instruksi yang memiliki tujuan tertentu yang disajikan secara personal atau impersonal melalui simbol - simbol atau sinyal. Dalam komunikasi bisnis terdapat enam unsur pokok, yaitu:
        1. Memiliki tujuan, artinya komunikasi bisnis harus memiliki tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya sejalan dengan tujuan organisasi.
        2. Pertukaran, dalam hal ini melibatkan paling tidak dua orang atau lbih yakni komunikator dan komunikan.
        3. Gagasan, opini, informasi, instruksi merupakan isi dari pesan yang bentuknya beragam tergantung tujuan, situasi, dan kondisinya.
        4. Menggunakan saluran personal atau impersonal yang mungkin bersifat tatap muka, menggunakan media tertentu atau melalui media yang menjangkau jutaan orang secara bersamaan.
        5. Meggunakan simbol atau sinyal yang merupakan alat atau metode yang dapat dimengerti atau dipahami oleh penerima untuk menyampaikan pesan.
        6. Pencapaian tujuan organisasi: salah satu karakteristik yang membedakan organisasi atau lembaga formal dari informasi adalah adanya tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya oleh manajemen




BAB III
PENUTUP
3.1  Kesimpulan

       Jadi dapat disimpulkan bahwa bisnis itu memiliki karakteristik,tujuan, bentuk kepemilikan dan dasar kepemilikan,klasifikasi,elemen dan itelejen bisnis, etika dan komunikasi bisnis,serta jenis-jenis kegiatan bisnis yang menghasilkan keuntungan. 

3.2 Saran
        Jika ingin memulai berbisnis maka pelajari terlebih dahulu dasar-dasar dari bisnis itu sendiri. Agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan

          Daftar Pustaka 
          http://muhammad-handy.blogspot.com/2011/10/10-definisi-bisnis-menurut-para-ahli.html
          http://zsahrameizhella.wordpress.com/2011/10/24/pengantar-bisnis-2/
          http://operatorku.blogspot.com/2012/07/contoh-kata-pengantar-makalah.html