Sabtu, 30 Maret 2013

Tugas Perekonomian Indonesia 1 "Organisasi"

Nama : Shintya Permatasari
NPM : 26212989
kelas : 1EB12

Organisasi


Pengertian Organisasi
Organisasi adalah suatu Kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. Dalam ilmu-ilmu sosia;, organisasi dipelajari oleh periset dari berbagai bidang ilmu, terutama sosiologi, ekonomi, ilmu politik, psikologi, dan manajemen.Kajian mengenai organisasi sering disebut studi organisasi (organizational studies), perilaku organisasi (organizational behaviour), atau analisis organisasi (organization analysis).

Menurut para ahli terdapat beberapa pengertian organisasi sebagai berikut.
  • Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
  • James D.Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
  • Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
  • Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
Dalam suatu Organisasi Visi dan Misi menjadi hal yang penting untuk menentuakan tujuan dan cara yang akan dicapai dalam sebuah organisasi. Organisasi yang dianggap baik adalah organisasi yang dapat diakui keberadaannya oleh masyarakat disekitarnya, karena memberikan kontribusi seperti; pengambilan sumber daya manusia dalam masyarakat sebagai anggota-anggotanya sehingga menekan angka pengangguran.

Syarat Terbentuknya Organisasi

  1. Nilai VISI
    Berdirinya suatu organisasi yaitu harus mempunyai VISI ,dimana VISI tersebut berfungsi untuk menjalankan MISI atau dengan kata lain VISI merupakan suatu cara untuk menjalankan
  2. MISI.MISI
    Merupakan tujuan utama yang ingin di capai oleh suatu organisasi yang berdiri.
  3. ATURAN
    Merupakan suatu prosedur atau pun komitmen yang telah di sepakati bersama yang di maksudkan agar suatu VISI atau pun MISI yang di lakukan dapat berjalan dengan baik,aturan disini dapat berupa aturan tertulis dan aturan tidak tertulis
  4. PROFESIONALISME
    Merupakan kinerja atau pun dedikasi dari orang-orang yang ikut ambil bagian dalam organisasi tersebut,dimana seseorang dituntut untuk bekerja secara professional
  5. INSENTIF
    Insentif didapat ,dimana ketika seseorang bisa menunjukan profesionalitas nya dan dapat di pertanggungjawabkan atas apa yang telah di kerjakan.
  6. SUMBER DAYA
    Merupakan segala sesuatu yang dapat di dayagunakan ,di manfaatkan untuk menunjang/mendukung berjalannya suatu organisasi untuk mencapai hasil yang maksimal.
  7. RENCANA KERJA
    Merupakan suatu bentuk program kerja yang telah disepakati bersama oleh seluruh partisipan .
    Bentuk bentuk struktur Organisasi
Organisasi memiliki bentuk yang berbeda-beda, ada yang sangat sederhana dan aa pula yang sangat kompleks. Didlam organisasi tentunya pasti terdapat elemen-elemen yang saling berhubungan satu sama lain. Bentuk Organisasi tentunya pasti terdapat elemn-eemen yang saling berhubungan satu sama lain. Bentuk organisasi memperlihatkan tentang susunan fungsi-fungsi dan departmentasi yang menujukan hubungan kerja sama, yang menggambarkan lima aspek utama struktur organisasi, yaitu
  1. Pembagian Kerja
  2. Rantai Perintah
  3. Tipe pekerjaan yang dilaksanakan
  4. Pengelompokan segmen-segmen pekerjaan,dan
  5. Tingkatan Manajemen
Menurut Henry G. Hodges, cara penggambaran bentuk struktur organisasi dapat digambarkan sebagai berikut :
  1. Bentuk mendatar atau horizontal
  2. Bentuk lingkaran atau circular
  3. Bentuk setengah lingkaran atau semi sircular
  4. Bentuk Elliptical
  5. Bentuk pirmida terbalik (Invented Piramid)
Keith Davis menambahkan adanya struktur vertical, sehingga menurut polanya terdapat 6 bagan bentuk struktur Organisasi, yaitu:
  1. Bentuk Vertikal
    Dalam hal ini system organisasi pimpinan sampai organisasi atau pejabat yang sama renah digariskan dari atas ke bawah secara vertical.
  2. Bentuk Mendatar atau Horizontal
    Dalam bentuk ini saluran wewenang dari puncuk pimpinan sampai satuan organisasi atau pejabat yang terendah disusun atau digariskan dari kiri kearah kanan
  3. Bentuk Lingkaran
    Dalam bentuk lingkaran saluran wewenang dari pucuk pimpinan sampai dengan satuan organisasi atau pejabat yang terendah disusun dari puat lingkaran kea rah bidang lingkaran.
  4. Bentuk Setengah Lingkaran
    Dalam hal ini saluran wewenang dari pucuk pimpinan sampai engan satuan organisasi atau pejabat yang terendah disusun dari pusat lingkaran kea rah bidang bawah lingkaran atau sebaliknya.
  5. Bentuk Elliptical
    Bagan elips ialah bentuk bagan satuan organisasi yang saluran wewenangnya dari pucuk pimpinan sampai dengan satuan organisasi atau pejabat yang terendah disusun dari pusat elips kearah bidang elips.
  6. Bentuk Piramida terbalik
    Dalam bentuk ini saluran wewenang dari pucuk pimpinan sampai dengan organisasi atau pejabat terendah digambarkan dalam susunan piramida terbalik.
  7. Selain itu uga terdapat pula Type Kerucut yang mempunyai cirri-ciri sebagai berikut :
    • Jumlah satuan Organisasi banyak sehingga tingkat-tingkat hirarki/kewenangan banyak
    • Rentang kendali sempit
    • Pelimpahan wewenang dan tanggung jawab kepada pejabat atau pimpinan yang bawah atau rendah
    • Jarak antara pimpinan tingkat atas dengan pimpinan tingkat bawah terlalu jauh
    • Jumlah informasi jabatan cukup besar
Bentuk-Bentuk Organisasi
  1. Organisasi Garis
    Merupakan bentuk organisasi tertua yang paling sederhana, diciptakan oleh Henry Fayol. Ciri-ciri bentuk Organisasi ini yaitu organisasinya masih kecil, jumlah karyawannya sedikit dan saling mengenal serta spesialisasi kerja belum tinggi. Bentu Organisasi dimana wewenang dari pimpinan tertinggi dilimpahkan kepada kepala bagian dibawahnya yang mempunyai keahlian tertentu serta sebagian dilimpahkan kepada pejabat fungsional yang koordinasinya tetap diserahkan kepala kepala bagian.
  2. Organisasi Garis dan Staf
    Suatu bentuk organisasi dimana pelimpahan wewenang berlangsung secara vertical. Manajer ditempatan satu atau lebih pejabat staff yang tidak mempunyai wewenang memerintah tetapi hanya sebagai penasehat. Bentuk ini umumnya dianut oleh organisasi besar, daerah kerja luas, mempunyai tugas yang beraneka dan rumit serta jumlah karyawannya yang banyak. Staf yaiutu orang yang ahli dalam bidang tertentu tuganya member nasihat dan saran dalam bidang kepada pejabat pimpinan didalam organisasi.
  3. Struktur Organisasi Panitia
    Organisasi ini dibentuk hanya untuk sementara waktu saja,stelah tugas slesai maka selsailah organisasi tersebut.
  4. Birokrasi
    Adalah sebuah struktur dengan tugas-tugas yang sangat rutin yang dicapai melalui spesialisasi, aturan dan ketentuan yang sangat formal,tugas-tugas yang dikelompokan ke dalam berbagai departemen funsional,wewenang pusat, rentan kendali yang sempit, dan pengambilan keputusan yang mengikuti komando.
Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi
http://mikofrezzy.blogspot.com/2009/10/syarat-berdirinya-suatu-organisasi.html

Referensi image :
http://female.store.co.id/images/Image/images/struktur%20organisasi%20vertikal.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgdlzHe8rpo4SzEmynLsDZ9MzSLmfOhjTr8b-XDKgh7N81kHTc_nXJCcdOLZyuz4Lg70bDfuQNz8Rw5YtW6w4p-tZ4jg3rRhy24CHXNq9MS6nGAsGYDMED3qG3FQ77CAT0JV53H24jOgx4/s320/bagan+mendatar.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiowDtt8ggfTX129MPh1rHoxQf23cDbbl3XNfTCT3TrUb31tgqkFCclsMowgVNsNRhhuVqAMTXQ2ew8Z1aQ4gXH8nhSYlzdVCFRIfEngWLhK_-4FUH7F58D4FrESrXzWbYfnsSM9C3lHVnG/s320/bagan+lingkaran.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhmMDXB9wPZOcyxig9037hv-RhZrhbd7Q6kweUO-BMBHLsEk9577d0BhIApo5r-5oNxrjzb4bpg6ic1jPQyFbJzqL39ch0yT2zf8v7OCzJqo2rhOXiSpTJe7lo4eKXrY-FR4-Oba4WRQWY/s320/bagan+piramid.jpg