Selasa, 02 Juli 2013

catatan PK dan TI 1C




KOMPUTER
Def :
       Komputer digunakan sebagai alat bantu untuk menyimpan, mengolah, dan mengambil kembali data atau informasi yang diperlukan.

Berbagai Aktivitas Kehidupan Manusia dengan Menggunakan Komputer :
1.  Perbankan
2.  Perdagangan
3.  Industri
4.  Transportasi
5.  Rumah Sakit
6.  Pendidikan
7.   Seni
8.   Penelitian
9.   Rekreasi
10. Hankam
11. Komunikasi
Isu Sosial
Dampak Positif
  1. Komunikasi yang lebih baik.
  2. Transportasi data yang cepat & aman.
  3. Pekerjaan selesai lebih cepat & akurat.
  4. Efisiensi tenaga kerja
Dampak Negatif
  1. Manusia tergantung dengan komputer.
  2. Kehilangan pekerjaan karena komputer lebih cepat & teliti.
  3. Hacker yang merusak data-data dalam komputer walaupun sudah di password.
DIMENSI MASYARAKAT INFORMASI  MENURUT BELL

  1. Sektor ekonomi : berubah ke bentuk pelayanan jasa
  2. Distribusi pekerjaan : munculnya kelas profesional dan kelas teknis
  3. Prinsip sumbu : ilmu pengetahuan merupakan sumber utama
  4. Orientasi masa depan : Pengendalian dan penghargaan terhadap teknologi
  5. Pengambilan keputusan : Berbasis teknologi
CIRI MASYARAKAT INFORMASI

  1. Ilmu pengetahuan menjadi sumber utama dalam dunia usaha
  2. Ilmu pengetahuan menjadi aset bagi siapa saja
  3. Ilmu pengetahuan mendongkrak lajunya kemajuan usaha
  4. Mengumpulkan, mengolah, dan memanfaatkan informasi untuk pengambilan keputusan
KOMPUTER & MASYARAKAT INFORMASI

-          Komputer sebagai mesin pengolah informasi, membuka kemungkinan baru dalam hidup manusia
-          Zaman informasi adalah gambaran yang lengkap tentang jaringan komunikasi yang menghubungkan perumahan, dunia usaha, dan pemerintahan
-          Digantikannya surat biasa dengan surat elektronik dan pertemuan tatap muka dengan konferensi jarak jauh 

KONFERENSI JARAK JAUH

      Merupakan evolusi dari sistem surat elektronik dengan dengan multi user interaction
      Kekurangannnya adalah kemempuan mengetik yang lebih lambat dari kecepatan berbicara
      Video Conferencing merupakan bentuk kenferensi jarak jauh dengan menampilkan gambar atau citra pembicara
      Perusahaan seperti JC Penney dan Boeing menganggap bahwa konferensi dengan video mampu mengurangi biaya perjalanan, meningkatkan kemampuan koordinasi, dan meningkatkan persaingan di pasaran 

PANDANGAN KE DEPAN UNTUK DUNIA YANG KURANG MAJU TINGKAT PERADABANNYA

      Pengikisan terhadap kepentingan nasional
      Terhentinya arus informasi
      Meningkatnya pengangguran
      Masalah kawasan industri
      Reorganisasi ekonomi
      Ancaman terhadap kebudayaan nasional 

ETIKA & PROFESIONALISME

      Alasan :
      Masyarakat harus dilindungi dari kerugian yang       ditimbulkan karena ketidakmampuan teknis dan perilaku yang tidak etis, dari mereka yang menganggap dirinya sebagai tenaga        profesional dalam bidang tersebut 

BEBERAPA MASYARAKAT YANG MEMERLUKAN PERLINDUNGAN

  1. Masyarakat umum
  2. Pembeli produk dan jasa komputer
  3. Majikan tenaga ahli komputer
  4. Tenaga ahli komputer
PROFESI

      Merupakan kelompok lapangan kerja yang khusus melaksanakan kegiatan yang memerlukan keterampilan dan keahlian tinggi, untuk memenuhi kebutuhan yang rumit dari manusia, dimana pemakaian dengan cara yang benar keterampilan dan keahlian yang tinggi hanya dapat dicapai dengan penguasaan pengetahuan, serta adanya disiplin etika yang dikembangkan dan diterapkan oleh kelompok anggota yang menyandang profesi tersebut.

PROFESIONALISME

      Merupakan pelaksanaan tugas dan kewajiban untuk memenuhi kebutuhan yang rumit dari klien, yang mencakup pengambilan keputusan dengan kemungkinan akibat yang luas bagi masyarakat
      Usaha-usaha untuk meningkatkan kemampuan profesional di bidang taknologi komputer & informasi.
      Sertifikasi
      Akreditasi
      Forum Komunikasi
      Etika profesi : penggunaan bakuan dari evaluasi moral terhadap masalah penting dalam kehidupan profesional.
      Issue pokok yang menjadi sumber dilema etika hubungan klien – profesional
            1. Prinsip dasar
            2. Egoisme
            3. Kerahasiaan
                        a. Pragmatisme
                        b. Hak Azazi  
            4. Otonomi Klien 

 Tujuan penyusunan kode etik & perilaku profesional :
         Memberi pedoman bagi anggota asosiasi dalam aspek-aspek etika dan moral, terutama yang berada di luar jangkauan hukum, undang-undang dan peraturan-peraturan yang berlaku
         Memberi perlindungan bagi kelompok masyarakat terhadap berbagai macam perilaku yang merugikan, sebagai akibat adanya kegiatan di bidang profesi yang bersangkutan 

 Beberapa usaha untuk meningkatkan kode etik :
         Menyebarkan dokumen kode etik kepada orang yang menyandang profesi yang bersangkutan
         Melakukan promosi etika profesional
         Memberikan sanksi disipliner yang melanggar kode etik







0 komentar: